Translate

Rabu, 03 Desember 2014

Liputan Crafina 2014 “Craft as lifestyle”

Kunjungan Kendari Kreatif di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia
Sebuah penyelenggaraan Craft Expo terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan Mediatama Binakreasi. Dilaksanakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center, 26 – 30 November 2014 tepatnya di hall A, hall B dan lobby JCC. Dengan memanfaatkan semaksimal mungkin tiga ruangan tersebut event ini mengenalkan, memamerkan dan memasarkan kerajinan Indonesia sekaligus menjawab dinamika dan gaya hidup yang berkembang di tengah masyarakat. Selain itu, disisi lain terdapat panggung talkshow dan pertunjukkan seni budaya dan fashion show serta menyediakan ruangan sebagai tempat promo pariwisata daerah. Crafina tahun ini mengusung tema “Craft as lifestyle” memberikan warna dan nuansa yang berbeda bagi pengunjung. Kegiatan ini pula menjadi pameran penutup kerajinan di tahun 2014 bagi para insan kreatif dan pelaku UKM.

Area Hiburan di #Crafina2014
Talkshow #Crafina2014
Acara ini bertujuan untuk mewujudkan insan kreatif dan UKM yang tangguh dan mandiri serta mampu menghasilkan produk-produk berkualitas sehingga bisa menjadi komoditas perdagangan baik ditingkat nasional maupun internasional, demi menyambut tahun ekonomi kreatif yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang baru. Para peserta yang mengisi stand pameran yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia menyajikan berbagai macam produk kerajinan yang sungguh menakjubkan, hasil kreatifitas berunsurkan tanah, pasir, kayu, batu, kain dan logam yang dibuat sesuai dengan trend dan lifestyle sehingga menghasilkan produk-produk unggulan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dan Mancanegara. Disamping itu desain dan dekorasi stand yang cukup unik dengan menonjolkan keragaman seni dan budaya masing-masing daerah. Crafina 2014 juga diikuti oleh negara lain dari Pakistan dengan memamerkan produk yang terbuat dari perunggu dan kain permadani ciri khas timur tengah.

Kerajinan Perunggu dari Pakistan #1
Kerajinan Perunggu dari Pakistan #2
Stand Disparekraf Prov. Sultra
Stand UKM
Stand Komunitas Kreatif
Crafina dari tahun ke tahun terus dilaksanakan sebagai wadah promosi bagi para pelaku industri kerajinan Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan hasil kerajinannya dengan mengedepankan keaslian produk, keunikan budaya, estetika dan kearifan lokal. Ajang ini juga sebagai wahana interaksi dan pertukaran informasi bagi pengrajin, pengusaha, produsen craft Indonesia untuk membangun jaringan yang lebih luas dan besar sehingga terbuka kesempatan untuk memasuki perdagangan internasional. Produk craft art sebagai produk gaya hidup yang tetap mempertahankan ciri khas budaya nusantara dipadukan dengan nuansa kontemporer, tentunya memiliki kharisma dan aura tersendiri. Semua itu tersedia di Crafina 2014 dengan berbagai macam pilihan produk kerajinan lokal, diiringi dengan pertunjukan musik dan tari serta diskusi yang memberikan edukasi bagi pengembangan produk kerajinan Indonesia.

Pengunjung #Crafina2014
Jasa Sketsa Rupa
Crafina 2014 telah membuat ruang bagi masyarakat untuk menikmati gaya hidup masa kini dan kehidupan masa depan sebagai pelengkap kebutuhan manusia akan keindahan, kecantikan dan kerupawanan dengan mengapresiasi mahakarya pengrajin lokal sebagai salah satu kekuatan Bangsa Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean tahun 2015.

1 komentar: