Translate

Kamis, 15 Mei 2014

SEMINAR NASIONAL PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS MEDIA, DESAIN DAN IPTEK 2014



Geliat kreatifitas yang melaju kencang dan merebaknya komunitas yang mengarah pada usaha kreatif, serta para insan kreatif berlomba-lomba untuk menghasilkan karya di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Itulah yang menjadi pemicu sehingga Kemenparekraf RI memilih Sulawesi Tenggara sebagai tempat kedua setelah Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur untuk menyelenggarakan Seminar Nasional “Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek 2014”. Seminar Nasional tersebut yang dilaksanakan di Grand Clarion Hotel Kendari, 07 - 09 Mei 2014 diikuti oleh Dinas Parekraf Provinsi, Kota dan Kabupaten serta delegasi komunitas se-Sultra, pelaku industri kreatif serta insan-insan kreatif.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Bapak Lukman Abunawas mewakili Gubernur Sulawesi Tenggara. Pada kesempatan itu pula dihadiri langsung beberapa rombongan dari Kemenparekraf RI yaitu Direktur Ekonomi Kreatif Berbasis Media dan Desain, Bapak Iqbal Alamsyah dan Direktur Industri dan IPTEK, Bapak Indra Nitua beserta jajarannya. Dalam pemaparannya pada malam pembukaan Seminar Nasional, Bapak Iqbal Alamsyah sebagai mandat Dirjen Kemenparekraf RI menjelaskan bahwa SDM adalah kekuatan dari Ekonomi Kreatif, dimana tidak terlepas dari sisi kebudayaan dan kearifan lokal. Indonesia adalah negara yang berpotensi sangat besar dalam memajukan Ekonomi Kreatif, karena dasar DNA orang Indonesia adalah OK: Orang Kreatif.

Lanjut Bapak Iqbal mengatakan bahwa ada beberapa agenda kunjungan kami ke Kota Kendari Provinsi Sultra. Salah satunya ingin bertemu langsung dengan para pelaku dan insan kreatif yang ada di Kota Kendari, yang mana selama ini gaungnya telah terdengar di pusat. Sebelumnya pada sore hari bersama Bapak Indra Nitua didampingi oleh Sekretaris Disparekraf Prov. Sultra beserta jajarannya, kami telah berkunjung ke Kopi KK yang merupakan markas dari Kendari Kreatif. Setelah melihat langsung kondisi para pelaku kreatif dan berdiskusi serta melihat produk dan aksi kreatifitas mereka. Sesungguhnya apa yang Kendari Kreatif lakukan selama ini menjadi contoh dan merupakan inspirator dengan menggerakkan komunitas, mahasiswa, anak jalanan, pengamen dan pemuda lainya agar bersatu untuk berusaha dan berkarya bersama-sama be Creativepreneur.

Antusias yang luarbiasa dari para tamu undangan dan para peserta Seminar Nasional “Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek 2014” terlihat jelas. Selama 3 hari penyelenggaraan kegiatan tersebut, kehadirannya tetap konsisten serta aktif di dalam forum seminar. Bapak Zainal Kudus yang merupakan Kadis Parekraf Prov. Sultra menjelaskan bahwa Seminar Nasional ini sudah lama kami inginkan dapat terselenggara di daerah kami. Selain Seminar, kami juga menyiapkan stand pameran produk kreatif karya anak Sulawesi Tenggara yang menjadi bukti akan potensi SDM kreatif Sultra tidak kalah bersaing dengan daerah dan negara lain.

Salah satu peserta yang juga merupakan pendiri dari Kendari Kreatif, Derlin berucap bahwa Seminar Nasional ini unik dan menarik, karena konsepnya berbeda dari seminar-seminar yang pernah ada. Kita dapat menyaksikan pemutaran video dokumentasi dari beberapa orang-orang kreatif di Indonesia dan itu nyata adanya. Kami diberi ruang yang luas untuk beraksi, selain stand pameran kami juga dapat menampilkan talent lokal. Dengan suasana dan materi Seminar yang begitu mengasikkan, tidak kaku, baku, dan monoton.

Ditambah lagi para narasumber yang merupakan tokoh nasional penggiat industri kreatif serta mempuni dengan mahakarya yang telah diakui secara nasional dan bahkan internasional. Diantaranya yaitu Tita Larasati – Sekjen BCCF, Rizki A. Adiwilaga – Konsultan Hukum HKI, Restu I. Kusumaningrum – Produser Opera I La Galigo, Ariana Susanti – Indonesian Packaging Federation, Achmad Rofiq – Managing Director DGM Animation, Agus Windharto – Institut Teknologi Surabaya Desain Center, F.X. Rudi Gunawan – Penulis dan Penerbit Buku. Serta narasumber lokal dari Kendari Kreatif yang mempresentasekan Potensi SDM Kreatif Kota Kendari.

Harapannya dengan berlangsungnya kegiatan ini, dapat memacu para peserta seminar yang merupakan insan-insan kreatif dapat termotivasi, lebih giat dan produktif serta lebih inovatif dalam berkarya. Utamanya dapat memberikan solusi terbaik buat kemajuan Ekonomi Kreatif Indonesia.


Salam Kreatif!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar